Kamis, 11 Juni 2015

PENYULUHAN GP - PTT KEDELAI



Program PAJALE (PADI, JAGUNG DAN KEDELAI) merupkan program pertanian yang digencarkan mulai tahun 2015, dimana segala strategi yang terbaik digunakan dalam program tersebut, untuk mendapatkan hasil yang maksimal yang berdampak pada swasembada pangan (padi, jagung dan kedelai). Pada tahun 2015 ini, kelompok tani binaan bpp kecamatan gampengrejo mendapatkan program GP-PTT Kedelai yang tersebar di tujuh kelompoktani dengan luas areal tanam 100 Ha.

Untuk kelancaran Kegiatan GP PTT Kedelai di kecamatan gampengrejo didukung dengan beberapa paket bantuan dari pemerintah berupa saprodi pertanian diantaranya berupa benih kedelai, pupuk organik, pupuk kimia, poc, bakteri rizobium, herbisida, pestisida dan biaya pertemuan kelompoktani. Selain itu  juga para petani pelaku dan kelompoktani didampingi oleh beberapa petugas diantaranya Penyuluh Pertanian, Pengamat Hama Tanaman, Mantri Pertanian, peneliti dari BPTP, Petugas Pendamping UPSUS dari Universitas, dan Babinsa.

Kegiatan Penyuluhan yang dilakukan oleh tim BPP Kecamatan gampengrejo di kelompok tani penerima program GP PTT Kedelai yang di laksanakan pada Hari Kamis tanggal 28 Mei 2015 sampai dengan Hari Selasa Tanggal 10 juni 2015 berjalan dengan lancar.


Dalam kegiatan penyuluhan tersebut anggota kelompok tani dijelaskan tentang teknis budidaya tanaman kedelai yang baik, Hak apa yang akan diterima anggota dan Kewajiban apa yang harus dilakukan oleh anggota kelompok tani dalam program GP PTT Kedelai, serta permasalahan dan kendala yang muncul dalam kegiatan kelompoktani langsung dibahas, didiskusikan bersama untuk dapat menyelesaikan masalah yang timbul tersebut sehingga program tersebut bisa berjalan dengan lancar dan sukses. (red.purba)

3 komentar: