Rabu, 12 Agustus 2015

DEMPLOT TANAMAN KEDELAI MANDIRI

                                           Monokultur                           Tumpangsari Kedelai - Jagung


Kedelai adalah salah satu tanaman pangan yang lama tidak pernah di usahakan lagi di wilayah kecamatan gampengrejo. Dengan adanya program GP PTT kedelai menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para penyuluh untuk menerapkannya, tetapi tidaklah menjadikan patah semangat.
Salah satunya di kelompok  tani Sri II,  penyuluh berkoordinasi dengan pengurus kelompoktani mengadakan penyuluhan secara rutin dan demplot secara mandiri sebelum program GP PTT Kedelai dilaksanakan, dengan demikian metode tersebut diharapkan dapat menarik simpati dan merangsang para petani menerapkan program GP PTT Kedelai.


Demplot kedelai secara mandiri oleh kelompoktani disambut dengan ceria, dapat dibuktikan bahwa dalam kegiatan tersebut beberapa petani mengajukan permohonan agar lahan yang miliki dijadikan dempot tersebut. sejauh ini tanaman demplot kedelai masih berumur 10 hari dengan kondisi tanaman pertumbuhannya baik serta metode yang digunakan adalah tumpang Saridengan tanaman jagung. Metode tumpang Sariini disesuaikan dengan kebiasaan petani yang tidak pernah lepas dengan budidaya tanam jagung. (red.purba)

2 komentar:

  1. semoga mendapat keuntungan berlimpah, keuntungan tanah menjadi lebih subur, keuntungan teknologi budidaya kedele lebih mantab dan keuntungan finansial serta lain2 yg bermanfaat..

    BalasHapus